Senin, 23 Oktober 2017
SCHEDULE KAPAL
UPDATE :
NAMA PELAYARAN :
TUJUAN :
NAMA KAPAL :
CLOSING :
ETD :

KONTAK KAMI
Kantor Pusat Jl. Kalimas Baru 56A, Surabaya 60165
Telp. 031 – 3282888 (Hunting)
Fax. 031 – 3281888, 3283888

Homepage : www.hartiniputra.com
Email. sales@hartiniputra.com


TOOLS & ARTIKEL

KLIEN KAMI
PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk
PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk
PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk
PT. Wonokoyo Jaya Corporindo, Tbk.

 
 
Untitled Document

TIPS MENECANAKAN KARIR
Pekerjaan bukanlah sebuah pemberian, sebaliknya, perlu pengawasan agar Anda yakin bahwa Anda menawarkan kepada perusahaan kandidat terbaik yang tersedia, yaitu Anda sendiri. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui perubahan-perubahan di tempat kerja dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, demi menjaga skill Anda terus berguna. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencapai keseimbangan antara bekerja dan belajar dalam pekerjaan Anda.

 

Pertama, evaluasilah tujuan karir jangka panjang Anda. Tujuan ini adalah tujuan akhir yang Anda inginkan untuk karir Anda. Demi menentukan tujuan ini, tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apa yang ingin saya lakukan?", "Seperti apakah daftar prestasi saya?"
atau "Sampai sejauh manakah saya akan mengembangkan kemampuan diri sendiri?"

Lakukan penilaian diri terhadap pengetahuan, keahlian, kemampuan, prestasi dan pengalaman untuk memahami dimanakah Anda saat ini dalam perjalanan karir Anda. Mengenali kelebihan dan kelemahan diri akan memberikan kepastian bahwa Anda berada dalam jalur karir yang benar, dan dengan menentukan kemampuan utama, Anda dapat memulai proses evaluasi.

Anda patut mempertimbangkan serta mengelompokkan kemampuan Anda dalam hal-hal khusus seperti pengetahuan teknis, pengetahuan industri, kesadaran kawasan (tempat kerja sebelumnya secara geografis), kemampuan komersial-kemampuan yang dapat diturunkan (keuangan, akuntansi, penganggaran, dan bahasa), dan kemampuan manajerial seperti pengembangan bisnis, manajemen proyek serta manajemen sumber daya manusia. Pengenalan diri seperti ini akan menghasilkan gambaran yang jelas tentang apa yang bisa Anda tawarkan.

Menentukan arah dan tujuan dalam karir akan memberikan cara dan jalan untuk mengukur kesuksesan dan mengarahkan perkembangan Anda. Patokan dalam membuat rencana adalah sub goal yang dapat diraih dalam jangka pendek. Rencanakan hal ini dengan jangka waktu yang realistis. Adalah penting untuk realistis dalam menentukan tujuan, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan hal yang paling penting (prioritas) bagi Anda, dimana hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor dalam keputusan yang akan dibuat selama karir Anda. Tujuan Anda juga harus memperhatikan hal-hal seperti prestasi kerja, potensi pendapatan, gaya hidup yang diinginkan, dan hal-hal pribadi seperti keluarga, pendidikan, dan waktu senggang.

Setelah menentukan patokan pertama Anda, mulailah merencanakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkannya. Pada setiap patokan, lakukan audit pribadi. Akan sangat membantu jika Anda membuat rencana tahunan ditiap tahunnya untuk rencana jangka panjang Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam memahami sudah sejauh mana Anda berjalan dan hal apa lagi yang perlu diraih. Perbaharui CV Anda di setiap patokan, karena dokumen itulah yang akan menggambarkan Anda sebagai seorang profesional dan seharusnya menjadi alat personal marketing Anda.

Kenali tindakan apa yang paling penting untuk tujuan karir jangka panjang Anda dan mulailah melakukan hal tersebut terlebih dahulu. Semakin penting sebuah tindakan untuk tujuan karir jangka panjang Anda, maka Anda harus semakin terikat dengannya. Nilai kemajuan Anda dan perbaiki rencana karir Anda pada setiap tingkatan. Jadilah luwes jika Anda perlu melakukan perubahan dalam sub goals berdasarkan informasi baru, untuk kemudian mengevaluasi ulang rencana Anda.

Agar dapat sukses menjaga pembelajaran selama hidup, Anda harus memperhatikan hal-hal seperti: kesadaran diri (kenali kelebihan, kemampuan, nilai, dan keinginan anda), promosi diri (kenali kebutuhan di tempat kerja dan sesuaikan dengan pengetahuan, kekuatan, dan kemampuan Anda), jaringan (mampu untuk mengembangkan dan secara efektif menggunakan jaringan kontak Anda), perundingan (kemampuan untuk berdiskusi, berkompromi, membuat perjanjian untuk membuat keputusan dan menyelesaikan masalah), kesadaran politik (memahami cara kerja organisasi dan bagaimana struktur kekuasaan dalam organisasi).

Tetaplah mengetahui apa yang sedang terjadi dalam industri yang Anda minati, lihat kecenderungan yang terjadi dan jadikan faktor dalam perencanaan karir Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin mencari pengalaman dalam hal-hal teknis yang mungkin akan menjadi penting dalam beberapa tahun ke depan.

Ingatlah bahwa perubahan yang drastis membutuhkan persiapan dan kerja keras. Menjadi ambisius tidaklah cukup. Anda harus berkomitmen dalam pembelajaran seumur hidup dan memusatkan diri dalam perkembangan diri serta profesi Anda. Pelajaran dan kemampuan yang Anda pelajari untuk meraih tujuan Anda, sama berharganya dengan mendapatkan tujuan tersebut.


COPYRIGHT PT. HARTINI PUTRA 2010